Wisata Monument Tugu Khatulistiwa Pontianak ~ BORNEO INFORMASI

300x250 AD TOP

Tuesday 27 October 2015

Tagged under:

Wisata Monument Tugu Khatulistiwa Pontianak

Tugu Khatulistiwa merupakan sebuah bentuk monumen yang menunjukkan garis imajiner Khatulistiwa pada kota Pontianak. Tugu Khatulistiwa berlokasi di Jalan Trans Khatulistiwa, Kelurahan Siantan, Kecamatan Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Tugu ini biasa disebut monument khatulistiwa yang berada sekitar 5 Km dari pusat Kota Pontianak (Pontianak Convention Center). Monumen Tugu Khatulistiwa menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan seringkali dikunjungi masyarakat maupun wisatawan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. 

Wisata Monument Tugu Khatulistiwa Pontianak


Bagi pembaca yang ingin mengunjungi Tugu Khatulistiwa, Anda akan merasakan sensasi yang sebenarnya. Penulis menyayangkan bagi pembaca yang belum pernah menikmati indahnya sensasi di Tugu Khatulistiwa Pontianak. Secara historis, Tugu Khatulistiwa pertama dibangun pada tahun 1928 bersamaan dengan sebuah ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli geografi berkebangsaan Belanda. Tujuan dari pembangunan tugu ini adalah untuk menentukan garis imajiner Khatulistiwa. Saat itu, bangunannya masih sederhana, yakni berbentuk tonggak dengan anak panah. Tahun 1930, Tugu tersebut disempurnakan dengan menambahkan lingkaran pada anak panah pada bagian atas monument. 

Penyempurnaan selanjutnya dilakukan pada tahun 1938 oleh arsitek Silaban. Baru pada tahun 1990, Pemerintah Daerah Kota Pontianak membangun sebuah kubah. Kawasan Tugu Khatulistiwa diresmikan pada tanggal 21 September 1991. Selanjutnya, pada bulan Maret tahun 2005, sebuah tim dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengkoreksi lokasi titik nol garis Khatulistiwa. Setelah melalui serangkaian pengkajian yang mendalam, tim dari BPPT menyimpulkan bahwa posisi 0 derajat, 0 menit, dan 0 detiknya ternyata berada sekitar 117 meter ke arah Sungai Kapuas dari lokasi tugu yang ada saat sekarang.

0 comments:

Post a Comment