Kerupuk Basah Khas Kabupaten Kapuas Hulu ~ BORNEO INFORMASI

300x250 AD TOP

Wednesday 28 October 2015

Tagged under:

Kerupuk Basah Khas Kabupaten Kapuas Hulu

Kerupuk basah merupakan makanan khas daerah kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang terbuat dari adonan tepung kanji dan campuran daging ikan air tawar. Adapun jenis ikan yang digunakan berupa ikan tawar yang banyak ditemukan diperairan Kalimantan Barat, khususnya di daerah Kapuas Hulu. Jenis ikan yang biasanya digunakan oleh masyarakat kabupaten Kapuas Hulu sebagai bahan dasar pembuatan Kerupuk Basah ini adalah ikan belida (Notopetruschitala H.B). Kerupuk Basah termasuk memang salah satu olahan makanan yang menggunakan ikan belida sebagai bahan utamanya, namun bukan hanya ikan belida yang dapat digunakan ikan air tawar lainnya juga dapat digunakan, seperti ikan bawal, ikan tenggiri dan ikan lainnya.

Kerupuk Basah Khas Kabupaten Kapuas Hulu

Kerupuk Basah atau Temet sangat digemari masyarakat Kalimantan Barat, khususnya masyarakat di daerah Kapuas Hulu, hal ini dikarenakan Temet memiliki cita rasa yang khas dan berasal dari ikan air tawar. Produk olahan Kerupuk Basah merupakan salah satu produk makanan daerah yang memiliki banyak keunggulan, diantaranya cita rasa dan khasiat yang terkandung didalamnya. Rasa ikannya yang sangat terasa seperti daging segar. Tekstrurnya yang lembut dan kenyal membuat Kerupuk Basah enak untuk dikonsumsi oleh Konsumen.

Bagi pembaca yang ingin merasakan enaknya rasa Kerupuk Basah atau Temet ini, tidak ada salahnya Anda merasakan makanan kuliler khas Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ini. Harga yang dikeluarkan untuk memperolah 1 batang Kerupuk Basah adalah sekitar 10.000 hingga 15.000. Untuk mengkonsumsi Kerupuk Basah biasanya konsumen langsung digoreng dan dimakan dengan menggunakan sambal cabe merah. Selain digoreng, makanan khas Kabupaten Kapuas Hulu ini juga bias dikonsumsi dalam bentuk makanan lain, sesuai dengan selera konsumen.

0 comments:

Post a Comment