Wisata Alam Pulau Lemukutan Bengkayang ~ BORNEO INFORMASI

300x250 AD TOP

Tuesday 27 October 2015

Tagged under:

Wisata Alam Pulau Lemukutan Bengkayang

Pulau Lemukutan adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Pulau ini merupakan pulau terbesar di kabupaten tersebut. Pulau ini berjarak tempuh sekitar 158 km dari Kota Pontianak. Secara geografis, pulau ini dikelilingi oleh lautan, dengan jarak pantai ke lautan yang cukup dekat. Wilayah dataran dengan luas 12.520 Ha didominasi oleh bukit-bukit kecil, bebatuan besar dan kecil. Keadaan geografi tersebut mendukung keadaan demografis penduduk yang menempati pulau tersebut.

Wisata Alam Pulau Lemukutan Bengkayang

Pulau Lemukutan memiliki pemandangan tengah laut yang indah untuk dinikmati oleh pengunjungnya. Selain pemandangan tangah laut, Pulau Lemukutan juga memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Kondisi ini menjadikan Pulau Lemukutan termasuk dalam lokasi wisata alam di Kalimantan Barat yang banyak diminati oleh banyak kalangan.

Biaya yang digunakan untuk menikmati indahnya wisata alam Pulau Lemukutan adalah sekitar 150.000. Jenis transfortasi yang digunakan untuk menuju pulau dari pelabuhan adalah kapal angkutan penumpang Pulau Lemukutan. Kapal ini hanya mengangkut penumpang 1 kali pulang dan pergi dari Pulau Lemukutan ke pelabuhan Telok Suak atau sebaliknya.

Pulau Lemukutan terdiri atas tujuh wilayah bagian kelompok masyarakat, yaitu Telok Melanau, Telok Cine, Telok Besar, Telok Surau, Palembang, dan Merohom. Secara umum, masyarakat yang tinggal di Pulau Lemukutan bekerja sebagai nelayan dengan memanfaatkan potensi lautan yang mengelilingi pulau ini. Potensi hasil laut terutama ikan yang ada di laut pulau Lemukutan pun sangat besar.

1 comments:

  1. Pesona Lemukutan berdasarkan legenda ??
    https://posmusica.wordpress.com/2017/08/21/lay-muk-tan-underwater-city-of-lemukutans-island/

    ReplyDelete