PESONA BUKIT BIWAK SEKADAU KALIMANTAN BARAT ~ BORNEO INFORMASI

300x250 AD TOP

Thursday 4 June 2020

Tagged under:

PESONA BUKIT BIWAK SEKADAU KALIMANTAN BARAT


Bukit biwak ini menjadi sorotan warga sekitar dikarenakan suasana alamnya masih terjaga dan hewan-hewan hutan juga masih ada tinggal di bukit tersebut. Bukit Biwak dipercaya sebagai salah satu bukit penghasil air terbanyak di wilayah Kecamatan Nanga Mahap. Akibat ketinggiannya di atas rata-rata bukit yang ada di Nanga Mahap, Sekadau, Kalimantan Barat dan medan yang harus ditempu juga terjal sehingga masih sangat jarang warga yang mampu mendaki sampai puncaknya.


Kawasan Bukit Biwak bagian bawahnya sudah banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai hutan penghasil kayu dan dikelola oleh penduduk setempat. Sehingga bagian bawah bukit tersebut sudah tidak terlalu alami pada area tertentu akibat aktivitas masyarakat sekitarnya.

Ada hal lain yang sangat menarik daripada sekedar suasana alamnya, yaitu Air Terjun Bukit Biwak yang memilik panorama nan sangat indah dan menyejukan bagi paran penikmatnya. Akses yang sulit menjadikan Air Terjun tersebut jarang diketahui oleh banyak orang. Air terjun tersebut memilik ketinggian sekitar 50 meter, ketika kita mulai dekat dengan sumber air terjun sudah sangat terasa biasan airnya berupa embun sejuk yang menyegarkan tubuh.


Perjalanan dari Kota Nanga Mahap menuju Desa Karam Betung adalah 2-3 jam menggunakan sepeda motor dengan kecematan rendah, bagi masyarakat yang sudah terbiasa tentunya lebih cepat daripada durasi yang diperkirakan. Akses motor tertentu bisa saja mencapai kampung Biwak Hulu dari desa Karam Betung tersebut sekitar 1-2 jam perjalanan. Lalu dilanjutkan dengan jalan kaki sampai kepada lokasi Air Terjun tersebut, walaupun perjalanan yang dikategorikan cukup melelahkan tetap akan tebayar lunas oleh suasana alam dan asrinya alam sekitar air terjun biwak tersebut.


0 comments:

Post a Comment