Ketupat Kandangan Khas Kabupaten Hulu Sungai Selatan ~ BORNEO INFORMASI

300x250 AD TOP

Thursday 29 October 2015

Tagged under:

Ketupat Kandangan Khas Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Ketupat Kandangan merupakan jenis makanan khas yang hanya ditemui didaerah Kalimantan Selatan, khususnya Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, tepatnya disekitar Daerah Sungai Raya dan Parincahan. Kuliner ini terdiri dari Ketupat, Kuat Ketupat dan sambal acan (terasi). Bagi Anda para pengemara Kuliner, Ketupat Kandangan bias menjadi santapan terbaik untuk konsumen yang mencintai masakan khas Kalimantan Selatan.

Ketupat Kandangan Khas Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Perbedaan Ketupat Kandangan ini terletak pada isi pada ketupat tersebut atau nasinya tidak menyatu melainkan memisah atau purai layaknya seperti nasi biasa. Sedangkan gulainya terbuat dari Santan Kelapa lalu dimasak dengan rempah-rempah tertentu seperti bawang merah dan bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, serai, lengkuas dan rempah lainnya.

Setelah Santan mendidih, dimasukanlah jenis ikan tertentu (ikan gabus atau toman), ataupun ayam yang terlebih dahulu diasap. Untuk pembuatan sambal terasi sama pada umumnya,tetapi lebih banyak cabai merahnya. Selain hal yang sisebutkan, cara memakannya juga cukup unik karena hanya menggunakan tangan. Ketupat Kandangan langsung diremas-remas bersama kuah sebelum dikonsumsi. Rasanya yang luar biasa bisa membuat Anda menjadi ketagihan ketikan mencicipinya.

0 comments:

Post a Comment