Tugu Bambu Runcing Untan atau Tugu Digulis Pontianak ~ BORNEO INFORMASI

300x250 AD TOP

Sunday 30 July 2017

Tagged under:

Tugu Bambu Runcing Untan atau Tugu Digulis Pontianak

Keberadaan Tugu Digulis sendiri tercatat mulai dibangun pada tahun 1986. Diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat H. Soedjiman pada 10 November 1987 ini pada awalnya berbentuk sebelas tonggak menyerupai bambu runcing yang berwarna kuning polos. Pada tahun 1995, monumen ini dicat ulang dengan warna merah-putih. Penggunaan warna merah-putih ini menjadikan sebagian warga mbambu runcing yang berwarna kuning polos. Pada tahun 1995, monumen ini dicat ulang dengan warna merah-putih. Penggunaan warna merah-putih ini menjadikan sebagian warga menganggap monumen ini lebih mirip lipstik daripada bambu runcing.enganggap monumen ini lebih mirip lipstik daripada bambu runcing.

Tugu Digulis/Bambu Runcing yang terletak di Kota Pontianak di Jl. Jend. Achmad Yani Bundaran Universitas Tanjung Pura. Masyarakat kota Pontianak lebih mengenal tugu Digulis dengan nama bundaran "Bambu Runcing". Tugu ini berada di areal kurang lebih seluas 1779 meter persegi (dengan diameter 47,4 meter). Di sekitaran sebelas bambu runcing ini juga terdapat taman yang memberi nuansa sejuk. Taman ini berada disalah satu jalan utama kota Pontianak, sehingga menjadikan kawasan taman ini sebagai salah satu tempat yang sangat strategis. Maka tak jarang aksi demonstrasi, unjuk rasa juga dilakukan di kawasan ini. Secara Administratif sekarang ini masuk ke dalam wilayah Kelurahan Bangka Belitung Darat Kecamatan Pontianak Tenggara.
Hingga saat ini, Monumen Bambu Runcing Pontianak atau Tugu Digulis Pontianak memiliki 11 Bambu runcing di Tugu Digulis yang masing-masing melambangkan tokoh pejuang. Mereka adalah Achmad Marzuki, Achmad Su'ud bin Bilal Achmad, Gusti Djohan Idrus, Gusti Hamzah, Gusti Moehammad Situt Machmud, Gusti Soeloeng Lelanang, Jeranding Sari Sawang Amasundin, Hj Rais bin H Abdurahman, Moehammad Hambal alias Bung Tambal, Moehammad Sohor dan Ya' Moehammad Sabran.

0 comments:

Post a Comment